• Jam Buka Toko: 07:30 s/d 16:30
  • Status Order
  • Tlp: 021-8801251 Ext 639
  • SMS/WA: 085731531599
  • order@kkisitb1.com
Terpopuler:

6 Cara Bijak Kelola Bonus Akhir Tahun agar Tak Habis Percuma

18 Desember 2019 - Kategori Blog

Bonus akhir tahun sudah cair kan? Sudah tahu cara mengatur keuangan yang tepat agar bonus akhir tahun memberi keuntungan berlipat?
Akhir tahun sering menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Tentu karena ada bonus tahunan, serta tunjangan hari raya (THR) yang membuat tabungan jadi lebih gemuk.

Sayangnya, tak semua karyawan bisa menikmati bonus akhir tahun. Ada pula perusahaan yang tidak memberikan tambahan gaji ini. Namun, hal ini sah-sah saja karena pemberian bonus akhir tahun tidak diatur dalam Undang-Undang Ketenaga kerjaan atau dengan kata lain ditetapkan sesuai dengan kebijakan perusahan.

Secara umum, bonus akhir tahun diberikan ketika kinerja tahunan perusahaan melebihi target yang ditentukan. Besar kecilnya bonus yang diterima karyawan tergantung kepada kemampuan perusahaan ataupun prestasi karyawan yang bersangkutan.

Jika kamu termasuk karyawan beruntung yang mendapatkan bonus akhir tahun, jangan biarkan uang bonus lenyap begitu saja. Sebaliknya, kamu harus tahu cara mengatur keuangan yang tepat biar keuntungan berlipat.

Berikut ini enam cara mengatur keuangan yang layak dicoba.

  1. Tabung dana darurat
    Situasi tak terduga dapat membuat banyak orang tergoda menggunakan pinjaman melalui kartu kredit atau berbagai jenis utang lainnya. Namun sebetulnya, situasi mendesak pun tak bisa dijadikan pembenaran untuk mengambil utang.
    Sebab, dalam cara mengatur keuangan yang benar, seharusnya kita telah memiliki tabungan dana darurat. Tabungan inilah yang bisa kita andalkan saat situasi mendesak datang. Besarnya dana darurat yang harus disiapkan berbeda-beda pada tiap orang. Perhitungannya tergantung pada status perkawinan atau jumlah tanggungan.
    Beberapa perencana keuangan mensyaratkan besar dana darurat sebesar enam kali pengeluaran bulanan untuk yang masih lajang, sembilan kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah, dan 12 kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan memiliki anak.
    Pertimbangannya, jika kita mengalami hal tak diharapkan, seperti di-PHK, kita masih memiliki waktu selama enam bulan untuk mencari sumber pemasukan baru. Solusiny mudah nya simpanlah dana darutat anda di Koperasi Tambun I, melalui simpanan SISUKA (simpanan suka rela). Selain dengan setoran cash/transfer dapat juga melalui setoran potong limit kredit/potong gaji rutin setiap bulanya.  Info lebih lanjut bisa di baca di https://www.kkisitb1.com/produk-simpanan/
  2. Investasi
    Jika ingin bonus akhir tahun memberikan keuntungan lebih, jangan lupa untuk berinvestasi. Pilihlah instrumen investasi sesuai tujuan keuangan yang kamu miliki.
    Jika menginginkan imbal hasil jangka panjang, kita bisa berinvestasi saham dengan jangka waktu mulai dari 5-10 tahun.  Sementara, untuk tujuan jangka pendek dalam kurun waktu 1-3 tahun, kamu bisa berinvestasi di tabungan Koperasi SIKALA atau SIKALA PLUS . SIKALA dan SIKALA Plus memberikan imbal hasil pertahun sebesar 6,6% s/d 10,5% pertahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  3. Modal usaha
    Buat kamu yang telah lama menginginkan penghasilan tambahan, bonus akhir tahun juga bisa dialokasikan sebagai tambahan modal usaha. Namun, pastikan telah membuat rencana bisnis yang matang sebelumnya. Jangan asal buka usaha hanya karena telah punya modal.
    Bonus juga bisa diperuntukkan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Misalnya, untuk merenovasi toko, memberikan promo-promo menarik, atau mewujudkan strategi bisnis lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  4. Lunasi utang dan tagihan
    Jika masih memiliki beban tagihan, prioritaskan uang bonus akhir tahun untuk melunasinya. Apalagi, jika memiliki beban tagihan lebih dari 30 persen total penghasilan bulanan. Itu artinya kondisi keuangan sudah berada di zona merah alias tak sehat.
    Semakin cepat utang terlunasi, semakin ringan beban bunga yang harus dibayar. Jika tak bisa melunasi utang dengan bonus yang didapatkan, setidaknya bayarlah sebagian hingga cicilan pinjaman tak lebih dari 30 persen gaji bulanan.
  5. Prioritaskan tujuan finansial lain
    Punya rencana menikah dalam waktu dekat atau mungkin berencana mengambil kredit pemilikan rumah (KPR)? Sekaranglah saatnya merealisasikan tujuan finansial yang kamu punya. Misalnya, dengan menambah alokasi DP KPR sehingga cicilan bisa jadi lebih ringan.
  6. Hadiah untuk diri sendiri
    Setelah semua pos di atas terpenuhi, jangan lupa sisihkan bonus akhir tahun untuk menyenangkan diri sendiri. Bagaimanapun, bonus yang kamu dapatkan merupakan hasil jerih payahmu bekerja.
    Namun, jangan sampai kebablasan menikmati bonus. Agar tiap pos terpenuhi, buatlah batas maksimal uang bonus yang ingin dipakai untuk bersenang-senang dan patuhi aturan tersebut. Misalnya, hanya menggunakan 20 persen uang bonus untuk berlibur atau membeli barang yang kita suka di Minimarket Koperasi Tambun I. Atau jika memang tidak ada bisa pesan ke bagian kredit barang Koperasi Tambun I

Prioritaskan kebutuhan tapi tetap sisihkan dana hiburan dengan begitu, kita bisa mengawali tahun baru yang bebas tunggakan, atau bahkan punya kondisi finansial yang jauh lebih aman.

Info Lainnya Cara nabung mudah di Koperasi Tambun I

Cara daftar SISUKA  Via SMS :

REGOTR.SISUKA.JMLBULAN.JMLTABUNGAN

Contoh :

Anggota akan menabung  dalam waktu 5 Tahun (60 bulan)  dengan jumlah Rp.100.000

Ketik : REGOTR.SISUKA.60.100000 Kirim ke 081 3838 666 33 atau 08 55 88 55 484

Registrasi yang sukses akan mendapatkan notifikasi berupa  SMS  berisi No Rekening SISUKA. Dan disetiap 6 bulan akan mendapatkan laporan mutasi simpanan yg langsung di kirim ke alamat masing-masing.

Informasi lebih lanjut klik https://www.kkisitb1.com/blog/daftar-produk-simpanan/

Comments are closed.